Senin, 16 Januari 2012

TELEVISI BUATAN SMK

Banyak Pemesan
Siswa SMK di Surakarta sukses membuat dan merakit mobil Kiat Esemka. Begitupun di Kota Cirebon. Siswa SMK di kota ini berhasil memproduksi banyak karya. Satu diantaranya LCD TV Esemka, buatan siswa SMKN 1 Kota Cirebon. SEBAGAI sarana melatih kreativitas siswa-siswi SMK dalam berwirausaha, SMK Negeri 1 Kota Cirebon bekerja sama dengan perusahaan Binar Esemka. Melakukan usaha kreatif perakitan LCD TV. Berukuran 32 inci dan 42 inci.

Proses perakitan dilakukan siswa jurusan Teknik Elektronika. “Perakitan dimulai dengan pengarahan kepada siswa dari pembimbing. Tentang bagian-bagian dari rangkaian LCD dan cara merakitnya yang benar. Siswa yang terlibat dibagi menjadi 2 tim. Terdiri dari Tim Perakit LCD 32 inci dan Tim Perakit LCD 42 inci,” ujar Kepala SMKN 1 Kota Cirebon, Drs Sutadi MM, kemarin.
Selama proses awal perakitan, siswa telah mampu merakit beberapa LCD. Semuanya sudah dalam proses pemesanan. LCD TV Binar Esemka hasil rakitan siswa SMK ukuran 32 inci dan 42 inci dijual dengan harga Rp3 juta dan Rp4,2 juta. “Sekarang sudah banyak yang pesan. Hasil dari anak-anak memasarkan ke wilayah III Cirebon,” ujar pria kelahiran Purworejo ini.
Dengan bantuan pembelajaran wirausaha pendukung industri kreatif pada siswa SMKN 1 Cirebon ini, ia mengatakan, ke depannya anak-anak akan memasarkan langsung ke sekolah atau instansi pemerintah. Selain itu, LCD TV karya anak SMKN 1 Kota Cirebon sudah dipamerkan dalam pameran karya anak SMK di Jakarta Convention Center (JCC), “Kualitas LCD Binar Esemka karya anak-anak kami tidak kalah dengan buatan Jepang. Kami menggaransi selama 2 tahun penuh,” ungkapnya.
Bahkan, LCD TV Esemka juga sudah mulai membuat pejabat kota ini kesengsem. Rabu (11/1) Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Drs H Hasanudin Manap MM, dan Kadisdik Drs Anwar Sanusi MSi, Rabu (11/1) datang ke SMKN 1.
Kadisdik Drs Anwar Sanusi MSi mengacungkan jempol atas produk lokal yang dikeluarkan siswa SMKN 1. “Patut diacungi jempol. Dari segi kualitas juga LCD TV Binar Esemka tidak jauh beda dengan LCD TV bermerek,” katanya. Selain kualitas yang mampu bersaing dengan LCD TV bermerek lainnya, harga LCD TV relatif terjangkau.
Harga yang terjangkau dengan kualitas yang sangat bagus, membuat Sekda Hasanudin mengaku bangga dengan produk lokal tersebut. “Ini suatu kebanggaan bagi Kota Cirebon. Karena anak-anak SMK bisa menciptakan produk yang luar biasa,” ungkapnya.
Dengan meninjau langsung, Hasan berencana menyosialisasikan lebih lanjut produk lokal hasil karya anak-anak SMK. “Saya akan coba sosialisasikan kepada masyarakat untuk menggunakan LCD TV buatan anak SMK asal Cirebon

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More